Cracking Speedy masih berlanjut ?

26 07 2008

Beberapa waktu yang lalu, sebagian di antara kita pasti masih ingat “kehebohan” cracking Speedy. Waktu itu bahkan sampai ada tutorialnya yang beredar di internet. Speedy yg skarang ini sudah mencapai kecepatan 1 Mbps di beberapa kota, tentunya sangatlah menggiurkan bagi para netter. Apalagi dengan biaya bulanan yg boleh dibilang cukup terjangkau.

Sesuai judul di atas, apakah sekarang masih bisa di-crack ? Ternyata masih bisa, sodara2😉 Masih banyaknya para pemakai Speedy yang menggunakan default username & default password pada modem ADSLnya,menjadi salah satu sebab dari hole semacam ini.

Bagaimana mengamankan account Speedy kita ?

1. Harus selalu mau untuk mengganti username & password default untuk modem ADSL yg dipakai. Memang merepotkan, namun ini menjadi hambatan pertama bagi para “pencoba”. Harap diingat, bahwa semua modem ADSL pasti punya petunjuk pemakaian (manual) yg beredar luas di internet. Amat sangatlah mudah  menemukan username & password default dari setiap model modem yang ada di Indonesia. Jadi, silakan ganti username & password default modem ADSL anda. Segera lakukan, sekarang ;))

2. Jangan membuka port 80 (http), pada modem ADSL Anda. Apalagi jika IP publik Speedy Anda masih nyantel di modem. Karena ini berarti IP Anda bisa diakses dari manapun di planet ini. Dengan semakin canggihnya IP scanner, amatlah mudah menemukan IP-IP yg bolong.

3. Akan lebih baik, jika Anda memakai mikrotik untuk mencantelkan IP publik. Fungsikan modem hanya sebagai gateway untuk mikrotik saja. Fungsikan router mikrotik secara maksimal untuk warnet. Saya pikir bahkan jika Anda memakai Speedy untuk rumah, akan sangat baik, jika memakai mikrotik.

4. Selalu lakukan monitoring pada kuota download/upload Speedy Anda. Jika ada ketidakwajaran (misal dalam semalam download meningkat lebih dari 1GB) segera lakukan checking, dan kalau perlu ganti password Speedy Anda.

Jika ada yg bertanya, apakah tulisan ini up to date, kayaknya iya. Lihat saja tanggal posting tulisan ini. Saya menemukan lebih dari 20 modem “standar”. Hanya dalam waktu beberapa jam. Awalnya saya tidak terlalu meniatkan mencoba, namun saat saya mencoba scanning salah satu range IP Speedy, saya menemukan banyak sekali port 80 yang terbuka. Sebagian di antaranya saya coba, dan ahaaa …. betapa orang Indonesia cukup malas untuk mengganti default username admin & passwordnya. Bahkan ada yang meletakkan data2 penting inventory, penjualan, pembelian, dari suatu perusahaan, yang nyata-nyata terbuka untuk dimanipulasi.

Di pihak lain, Telkom, kayaknya tidak terlalu peduli dengan kebolongan ini. Soalnya pengguna tetap membayar biaya bulanan. Dengan kata lain, Telkom tidak mengalami kerugian apapun. Apalagi Speedy merupakan mass production, yang sangat boleh jadi QS & QC tidak terlalu terjamin (moga2 aja enggak).


Aksi

Information

2 responses

16 04 2009
ERICSON

ajaridong nge crack gt mas pur?
soalnya aku kepingin banget buat tahu apa itu kegiatan nge crack dan bagaimana caranya termasuk cara carding dan kegiatan hacker lainnya..
kirimi ke emailku ya mas pur?

4 04 2010
stereobk.com

nice info, tapi sayang gak bisa memahami semua. ni ada masalah, user+pass speedy pak bos ku dah bener, tapi gak bisa konak, tiap dial muncul pesan error 691 mulu. kira-kira knapa ya???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: