Software Portabel, solusi asyik pake sopwer tanpa install

20 09 2008

Selama ini sebagian besar dari kita mungkin selalu beranggapan bahwa untuk memakai program atau software, berarti kita harus menginstallnya. Secara umum, anggapan tersebut masih berlaku. Namun seiring dengan perkembangan TI, saat sudah ada software portable, yaitu software yang sudah dipaket secara khusus, di mana untuk memakainya tidak perlu melakukan instalasi, namun cukup menjalankan aplikasi tadi (biasanya dengan diberi nama sesuai softwarenya dan ber-ekstensi .exe).

Kenapa asyik ? Lihat saja kemudahan pakainya. Tinggal dobel klik, ndak perlu next-next-next ..🙂 Ada berapa banyak software yang sudah diportabelkan ? Untuk semua software populer, hampir semuanya sudah ada portabelnya. Contoh : Microsoft Office, Adobe Photoshop, Nero Burning, Winamp, beragam download manager, dan masih banyak lagi. Kekurangan dari software portabel adalah adanya pengurangan fitur yang biasanya memang tidak dibutuhkan secara umum. Makanya ukuran software portabel umumnya jauh lebih kecil daripada software aslinya.

Tertarik ? Bisa langsung menuju ke http://softarchive.net/portable atau di  http://www.indoforum.org/showthread.php?t=46462  ( Anda harus menjadi member untuk bisa mengaksesnya). Masalah yang lain adalah rata-rata software portabel ini diletakkan di rapidshare dan server2 sejenis. Kalau koneksi inetnya tidak lancar, bisa dipastikan donlodnya kagak pernah rampung. Kecuali kalau Anda punya account premium, maka donlod di server2 sejenis rapidshare bukanlah masalah.

Di bawah ini contoh screenshoot Norton Partition Magic 8 Portabel. Software partisi yang keren ini sekarang bisa digunakan dengan cepat tanpa harus instalasi. Kekurangannya : jika ada pekerjaan partisi yang memerlukan restart system (Windows), Partition Magicnya ndak ada lagi. Kenapa karena sifat software portabel yang hanya hadir sementara alias temporary, jadi saat direstart (sayangnya) dia tidak aktif lagi.

Norton Partition Magic 8 Portable

Norton Partition Magic 8 Portable


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: