Solusi jitu kehilangan password admin Joomla

17 10 2008

Bagi para penggemar CMS (Content Management System), Joomla bukanlah hal baru. Kemudahan kustomisasi dan kelengkapan yang ditawarkannya benar2 memikat banyak orang. Bagi mereka yang alergi dengan coding website kehadiran Joomla bagaikan oasis di dunia coding … (ceileee …).

Kasus ini saya alami ketika saya lupa password untuk Joomla online saya. Untungnya saya masih ingat kalau saya masih ingat saya punya instalan Joomla offlline di komputer rumah, dan passwordnya masih saya ingat dengan baik. Jadi di sini saya asumsikan yang Anda lupakan adalah password admin Joomla online, dan Anda masih punya Joomla offline di komputer rumah atau laptop Anda. Asumsi ini pokok, dan menjadi syarat suksesnya recovery password admin yang nanti akan kita lakukan.

Jadi syarat dan kondisinya adalah sbb :

1. Anda punya dan bisa (lumayan paham) dengan instalasi Joomla, termasuk di dalamnya pengelolaan database dengan phpMyAdmin (sedikit paham saja sudah cukup).

2. Anda masih ingat username admin dan password admin untuk Joomla Anda yang berada di komputer rumah atau laptop Anda.

3. Jika yang bermasalah (baca : passwordnya lupa) adalah Joomla yang online, maka Anda wajib ingat password untuk login ke cpanel hosting di mana Anda menghostingkan Joomla Anda tadi. Dari cpanel ini nantinya kita akan menuju ke phpMyAdmin.

Oke .. jika syarat dan kondisinya sudah sesuai, selanjutnya kita olah TKP. Diasumsikan Anda kehilangan password admin untuk Joomla online Anda. Diasumsikan pula Anda sudah punya instalan Joomla yang sehat dan ready di komputer atau laptop Anda. Jika belum punya Anda bisa menginstallnya dulu.

Mari kita mulai langkah2nya :

1. Buka browser komputer/laptop Anda, buka/jalankan Joomla Anda. Mungkin dengan notasi http://localhost/(nama folder Joomla Anda)/administrator. Masuklah ke halaman admin Joomla Anda. Buat user baru, dengan hak Super Administrator, beri nama, misal admin2, dengan password admin2. Simpan perubahannya. Lihat dan yakinkan bahwa sekarang Anda sudah punya 2 user admin dengan hak Super Administrator.

2. Jalankan phpMyAdmin, http://localhost/phpmyadmin. Cari database Joomla Anda yang tadi barusan ditambah user adminnya. Klik jos_user, dan lihat di sana mestinya ada tambahan user dengan nama admin2. Klik edit, perhatikan bahwa dalam kotak password terdapat deretan huruf panjang tak beraturan, itulah password admin2 yang sudah dienkripsi oleh Joomla, untuk keamanan.

3. Sekarang buka cpanel tempat Anda menghostingkan Joomla Anda yang bermasalah tadi (password lupa). Saat sudah masuk cpanel, klik phpMyAdmin. Anda akan dibawa ke menu web phpMyAdmin, pilih database Joomla Anda dan kliklah jos_user. Saat sudah masuk ke menu jos_user, klik insert (untuk memasukkan user baru).

4. Kembali ke langkah 2, sekarang copy-pastelah semua data user admin baru (admin2) yang berasal dari Joomla offline Anda ke jos_user baru yang berada di phpMyAdmin online. Awas, field id (paling atas), jangan diisi, nanti akan diisi otomatis, karena sifatnya yang auto increment. Jika sudah selesai meng-copy, teliti lagi hingga sama dengan Joomla offline Anda, lantas lanjutkan dengan klik Go.

5. Akan muncul layar konfirmasi bahwa user baru, baru saja ditambahkan. Sekarang, bukalah halaman administrator Joomla online Anda. Masukkan username admin2 dan password admin2 (sesuai yang Anda buat di Joomla offlien Anda). Tekan Enter. Mestinya : halaman administrator Joomla online Anda akan membuka seperti biasa. Itulah yang saya alami.

Catatan : saya mencoba melakukan hal yang sama untuk Joomla online lainnya, ternyata tidak semua menerima metode ini. Saya belum tahu kenapa, mungkin karena settingan database Joomlanya. Yang jelas cara di atas menyelamatkan saya dari instalasi ulang Joomla online saya.


Aksi

Information

2 responses

4 04 2009
oegy

gimana caranya membuka cpanel saya lupa user ama passwordnya di cpanel please…
kasih tau ya …

4 04 2009
pakpur

Waduh, kalau untuk cpanel itu sudah di luar wilayah “Joomla” Mas … itu kaitannya dgn hosting server-nya. Solusinya : coba Mas Oegy search di inbox emailnya Mas, dgn kata kunci cpanel, kalau belum dihapus, pastinya masih ada. Atau ajukan email permohonan untuk minta password baru.
Mohon maaf, kalau kurang membantu ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: