Sehatkan otak/pikiranmu dengan Googling (PENELITIAN)

18 10 2008

Saya mendapatkan informasi ini dari milis dikmenjur. Saya telusuri sumbernya, berasal dari http://www.hidayatullah.com

Di situs hidayatullah disampaikan bahwa dari suatu penelitian di UCLA, menunjukkan bahwa berselancar di dunia maya dapat menstabilkan kinerja sistem saraf di otak. Dalam penelitian yang melibatkan 24 orang sukarelawan yang berumur antara 57 – 76 tahun, di mana di antara mereka terapat beberapa “aktifis internet”. Dengan menggunakan MRI (magnetic resonanse imaging), penelitian menunjukkan bahwa mereka yang yang berpengalaman dalam internet menggunakan lebih banyak aktivitas otak ketika melakukan penelitian, kata Dr Gary Small, pakar penuaan di UCLA. “Apa yang kami lihat adalah otak orang yang sering berselancar di dunia maya bekerja lebih, dan itu memungkinkan otak untuk tetap aktif dan sehat,” tambah Gary.

Saya sendiri berpendapat bahwa seperti halnya organ yang lain, dalam hal ini raga atau badan, saat mendapatkan porsi berlatih yang sesuai, maka jelas akan lebih sehat daripada mereka yang tidak pernah berolahraga. Jadi dalam hal ini, dengan googling otak akan senantiasa beraktifitas sehingga akan lebih sehat daripada mereka yang melamunđŸ™‚

Bloger Tua

Bloger Tua

Sedikit tentang googling, kegiatan ini jauh melampaui kegiata browsing. Untuk bisa melakukan googling dengan efektif dibutuhkan akal yang cukup “matang”. Kita sering menemukan di sekitar kita, di mana mungkin rekan2 kerja kita tidak menemukan apa yang mereka cari di internet. Padahal di internet jelas ada Google yang bisa dipakai untuk mencari segala informasi. Cara mencarinya pun gampang, hanya menuliskan kata kunci sesuai topik yang dicari. Pertanyaannya adalah bagaimana menemukan kata kunci yang efektif dan efisien dalam menemukan topik yang kita cari, itulah olahraga otaknya. Jika Anda malas berpikir, saya yakin Anda jarang melakukan googling. Am I right ?

Lebih dari itu, setelah ketemu pun, kita masih dituntut untuk membaca dan mengolah informasi yang ditunjukkan oleh Google, jadi jelaslah kalau googling makin menambah pintar.

Sedihnya, internet masih sangat jarang dipakai di Indonesia sebagai salah satu sumber belajar, apalagi di daerah non kota.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: