Microsoft canangkan Hari Anti Pembajakan Sedunia

22 10 2008

Informasi ini saya sunting dari website Microsoft.

Siapa tidak kenal Microsoft ? Dalam era industri modern seperti sekarang ini, Microsoft adalah salah satu gurita raksasa bisnis komputasi yang hegemoninya sangat erat mencengkeram dunia pendidikan dan industri. Tak heran jika kemudian Microsoft menjadi perusahaan yang sangat kaya. Bahkan Bill Gates senantiasa menjadi orang terkaya di dunia dalam konteks bisnis, selama bertahun-tahun.

Pencanangan Hari Anti Pembajakan Sedunia ini diketok palu tanggal 21 Oktober 2008, kemarin. Sedunia diartikan bahwa semua negara di dunia terkena “dampaknya”.

Saya sendiri bukannya sangat menyukai pembajakan. Namun ada baiknya Microsoft tidak terlalu serakah dan tamak. Setidaknya dengan adanya wilayah pemasaran dapat diatur harganya. Rasanya fair kalau, misalnya dunia pendidikan mendapatkan potongan yang cukup besar. Memang beberapa waktu yang lalu, Microsoft pernah memberikan discounted price untuk Windows dan Office, namun itu untuk lembaga2 pendidikan yang sudah kaya, yang sebenarnya mampu membeli dalam harga normal sekalipun.

Di sisi lain, di Indonesia, penyerapan open source terasa sangat lambat, kalau ndak dibilang mandeg. Para pengelola pendidikan belum mampu mengubah paradigma TI mereka. Bahkan mungkin masih banyak guru komputer yang belum mengenal Linux. Intinya adalah gerakan di dunia pendidikan, baik pendidikan formal maupun non formal. Harus ada dorongan yang kuat dari pemerintah untuk mendukung gerak laju open source sebagai langkah awal untuk menekan pendidikan. Di sisi yang lainnya lagi, untuk dunia industri sebagai pengguna output sekolah (lulusan), diharapkan dan kalau perlu dibuat UU yang mewajibkan mereka sekian persen memakai open source untuk pekerjaan mereka.

Saya yakin dalam hati kecil kita, kalau kemampuan kita memang memadai, pasti akan lebih senang membeli yang asli daripada meng-copy CD atau DVD.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: