Bank Dunia (World Bank) dijebol hacker … yikess ..!!

23 10 2008

Salah satu pilar dunia kapitalis modern sedang mengalami musibah yang cukup mengerikan. World Bank atau di Indonesia lebih dikenal sebagai Bank Dunia yang bermarkas di Washington DC, AS ini telah ditembus oleh hacker. Dari investigasi internal diketahui bahwa hacker tersebut telah berhasil menembus ke beberapa server penting mereka. Runyamnya lagi pihak World Bank tidak atau belum tahu, seberapa banyak data yang hilang. Lebih parahnya lagi, kegiatan “penembusan” ini ternyata sudah berlangsung dalam hitungan bulan, setidaknya dari bulan Juli 2008. Yikess ….!!

Gedung World Bank di Washington

Gedung World Bank di Washington

Dari salah satu email berisi laporan yang bocor ke internet, disampaikan bahwa sebanyak 17 server berhasil ditembus. Tiga di antaranya adalah server secure ID (server identitas), server domain controller, dan certificate server. Selain itu masih ada 5 lagi yang berisi data-data sensitif yang juga berhasil ditembus.

Kejadian ini membuktikan bahwa tidak ada yang aman di dunia internet. Artinya semua perangkat yang terkoneksi ke internet berpotensi untuk ditembus atau diambil alih. Dalam kasus World Bank hal ini tidak saja menarik namun juga cukup mengerikan, mengingat World Bank, dalam dunia kapitalis saat ini adalah nyaris menjadi salah satu penopang ekonomi dunia. Bisa jadi motifnya bukan sekedar uang tapi menjadi bagian dari aksi spionase lintas benua, lintas bisnis, lintas industri.

Well, di satu sisi aksi hacker ini bisa jadi menjadi inspirasi baru, bahwa menyerang suatu sistem atau negara, untuk saat ini tak perlu alutsista yang canggih namun cukup berbekal kemampuan jaringan internet yang cukup beserta kemampuan coding. Knowledge is power , saat ini menjadi nyata.

Coba bayangkan kalau server DOD Pentagon bisa Anda hack, Anda ingin apa ??

Sumber berita : http://www.dailytech.com & http://www.foxnews.com


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: