50 juta pemakai HP di Indonesia telah terlacak !!!

24 10 2008

Berapa banyak orang sekarang yang bawa HP ? Ratusan, ribuan, atau jutaan, atau bahkan puluhan juta ? Mungkin bahkan sudah mendekati ratusan juta. Teknologi HP yang begitu kompak, fleksibel, dan murah menjadi idaman banyak orang. Mulai dari mereka yang sekedar bergaya sampai kebutuhan primer untuk bisnis. Atau bahkan sebagai detonator bom ? Weww … Lepas dari itu semua, di manapun HP berada, selama dia terhubung ke jaringan dan dalam keadaan hidup, maka HP ini, sekaligus pemegangnya, berada dalam kondisi bisa terlacak oleh suatu sistem “keamanan”.

Saya dapatkan informasi ini dari milis jasakom, yang menginformasikan adanya teknologi lacak HP yang (gilanya) diujicobakan di Indonesia.  Saya coba telusuri, ternyata informasi ini berasal dari http://news.cnet.com/8301-13739_3-10030134-46.html, yang memberikan review dari beberapa perusahaan layanan keamanan, dalam hal ini pemantauan, yang mampu memberikan layanan target pemantauan sesuai keinginan klien. Target pantauan yang dimaksud adalah semua perangkat elektronik yang terkoneksi ke jaringan. Jaringan apapun, internet, selular (GSM & CDMA), dst. Dari review tersebut juga disampaikan bahwa salah satu perusahaan tersebut yaitu Thorpeglen (www.thorpeglen.com), telah melakukan ujicoba di Indonesia ( !! ) kepada sekitar 50 million users. Gilaaa …!! Itu 50 juta pemakai HP telah disnoop atau dilacak-rekam data pembicaraannya selama satu minggu. Pertanyaan besarnya adalah apakah kegiatan ini legal atau diijinkan oleh negara ????

ThorpeGlen)

Google earth peta Jakarta yang telah diberi mashup ThorpeGlen (sumber : ThorpeGlen)

Dari screenshoot di atas jelas terlihat peta Jakarta yang nampak di Google Earth yang telah diberi mashup (sejenis plugin) sehingga bisa menampakkan posisi dan nomor telepon penggunanya. Lihat … ini nyata. Baca juga sekilas keterangannya. Nampak di sana semua data terpampang jelas.

Salah satu alasan yang mungkin dipakai oleh perusahaan ini (mungkin) adalah untuk ikut “membantu” menemukan “teroris” yang saat ini sedang tren di Indonesia. Anda menerima alasan ini ?


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: