Sagusala dan tantangan konten pembelajaran

18 05 2009
mas_reza_&_saya

Mas Reza Superpedia Indonesia dan yg punya blog🙂

Program Sagusala atau Satu Guru Satu Laptop adalah program kepemilikan laptop untuk guru yang dikoordinasi oleh Klub Guru Indonesia (KGI), dengan tujuan untuk percepatan penyerapan pemahaman dan pemakaian TIK untuk pembelajaran di sekolah. Dengan program ini diharapkan para guru akan mendapatkan laptop dengan harga yang lebih rendah dari harga pasaran atau kalaupun toh sama tetap ada nilai tambah di dalamnya. Mengapa demikian ? Karena program ini tidak semata2 memudahkan pembelian laptop namun juga dilengkapi dengan sekian banyak software bahan ajar. Pesona Edu dan Bamboomedia adalah dua contoh perusahaan multimedia digital yang mendukung penuh program ini.

Selain kedua perusahaan tersebut satu pendukung utama program ini adalah Superpedia Rumah Ilmu Indonesia yang digawangi oleh Reza Ervani, seorang muda yang sungguh kaya akan idealisme pendidikan Indonesia. Superpedia merupakan ensiklopedi digital online edisi Indonesia yang boleh jadi terlengkap saat ini. Situsnya bisa diakses di http://superpedia.rumahilmuindonesia.net .Dengan tampilan yang sederhana namun lengkap. Mudah dijelajahi dan cukup mudah diikuti karena berbahasa Indonesia. Saya boleh katakan, inilah cikal bakal lumbung pengetahuan Indonesia, insya Alloh ..

Kebetulan saat acara Sagusala Fair di Surabaya saya mendapatkan rejeki yang luar biasa yakni “disekamarkan” oleh panitia dengan Mas Reza Ervani, sang inisiator dan kreator Superpedia ini. Dari sinilah kami berbagi cerita .. berbagi idealisme dan berujung pada satu kalimat, bagaimana memperkaya khazanah konten lokal yang nanti akan jadi salah satu link utama pembelajaran via Sagusala.

Superpedia secara default sudah menyediakan alokasi user untuk ikut berkontribusi menambah pengetahuan yang ada, sekecil apapun yang belum termuat di dalam Superpedia. Saat seminar hari kedua, sesi pertama, Mas Reza berhasil “ngompori” salah satu guru yang ikut seminar untuk ikut menambah pengetahuan baru. Saat itu di Superpedia belum ada kosa kata bahasa madura, dan ada salah satu peserta yang menanyakan bagaimana memasukkan bahasa madura ke dalamnya. Tidak pakai lama, Mas Reza membimbing Ibu ini untuk menjadi user kontributor di Superpedia sekaligus memasukkan entri yang beliau inginkan.

mengisi entri bahasa madura

mengisi entri bahasa madura

Apa yang terlihat di foto di atas adalah apa yg semestinya dilakukan oleh guru-guru di seluruh Indonesia untuk mau dan mampu serta bersedia berbagi dengan menjadi kontributor di Superpedia. Bisa dibayangkan betapa banyaknya ilmu yang bisa didokumentasikan di sini, jika hal itu bisa terwujud. Dan lebih dari itu, saat Superpedia ini diakses oleh laptop dari program Sagusala, maka akan makin nampaklah ketetapan dan kemandirian bangsa ini dalam menginventarisir ilmu-ilmu yang ada di Indonesia. Keuntungan berikutnya adalah, dengan mengakses Superpedia secara online, sudah barang tentu guru-guru sebagai kontributor akan dapat melakukan kegiatan internet produktif lainnya, seperti memposting di milis atau berhubungan dengan rekan2 guru lain. Dengan demikian slogan “sharing & growing together” secara sungguh2 akan menemukan maknanya.

Jadi apakah dengan Sagusala semuanya selesai … far from it, … tapi Klub Guru telah memulai langkah konkrit ini dengan gagah berani … namun sungguh tiada berarti jika sang guru sebagai subjek yang akan diberdayakan tidak bersedia “perubahan” yang semakna dengan semangat program sagusala. Jadi PR kita semua masih banyak, namun kita sudah menemukan tools yang tepat untuk menyelesaikan PR-PR itu .. semoga ..


Aksi

Information

3 responses

19 06 2009
CSDW

Aku mau pak Laptonya. Gimana cara mendapatkan laptonya itu pak Pur?🙄 Gratis apa nggak mbayar?😀

20 06 2009
pakpur

Ah … cara ndapatkannya sama dgn yg lain kok… pake mbayar🙂

27 06 2009
Wandi thok

Walah, payah😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: